Hidup Sehat Alami | @ Sehat-Normal.Blogspot.Com Hidup Sehat & Alami | @ Sehat-Normal.Blogspot.Com: Manfaat Jus Lidah Buaya (Aloe Vera) Manfaat Jus Lidah Buaya (Aloe Vera) - Hidup Sehat & Alami | @ Sehat-Normal.Blogspot.Com

Manfaat Jus Lidah Buaya (Aloe Vera)

Senin, September 21, 2020

SEHAT ALAMI


Manfaat Jus Lidah Buaya (Aloe Vera)


Tanaman lidah buaya (aloe vera) merupakan tanaman yang amat populer untuk kulit dan kecantikan. Dari yang lazim kita dengar di Indonesia ini sangat populer untuk kesehatan rambut . Siapa sangka, lidah buaya juga dapat diolah dan dijual menjadi jus yang ternyata memberikan beragam manfaat kesehatan. Simak artikel ini untuk mengetahui manfaat jus lidah buaya. 


Manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan


Berikut ini manfaat jus lidah buaya yang mungkin tak pernah Anda sangka:



1. Menjaga hidrasi tubuh

Salah satu manfaat jus lidah buaya yang utama adalah mencegah dan menangani dehidrasi. Tanaman ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga ideal untuk menjaga hidrasi tubuh dan membantu detoksifikasi atau mengeluarkan racun tubuh. Anda bisa mencicipi manfaat jus lidah buaya ini dengan meminumnya setelah berolahraga. Menjaga hidrasi tubuh pascaolahraga penting untuk mengeluarkan asam laktat yang menumpuk.

 
2. Memelihara fungsi hati

Fungsi hati yang optimal amatlah penting dalam detoksifikasi tubuh. Jus lidah buaya bermanfaat untuk menjaga fungsi hati karena mengandung air dan beragam nutrisi. Lidah buaya juga ideal untuk hati karena senantiasa membantu tubuh tetap  terhidrasi. 


3. Menyehatkan kulit

Manfaat jus lidah buaya untuk menghidrasi tubuh diyakini memiliki efek dalam menurunkan risiko jerawat. Bahkan, jus tanaman ini berpotensi untuk menurunkan risiko psoriasis dan dermatitis. Alasan lain lidah buaya bermanfaat untuk kulit yakni karena tinggi dengan antioksidan, vitamin, serta beberapa senyawa yang membantu kendalikan kerusakan kulit akibat sinar UV. 


4. Meredakan nyeri ulu hati

Jus lidah buaya dipercaya dapat membantu meredakan nyeri ulu hati akibat tukak lambung
Jus lidah buaya dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat nyeri ulu hati
Jus lidah buaya juga diyakini memiliki khasiat untuk meredakan nyeri ulu hati. Pasalnya, kandungan dalam jus ini dapat mengontrol sekresi asam lambung. Efek lidah buaya ini juga dilaporkan membantu mengatasi tukak lambung dan mencegahnya agar tak melebar. 


5. Memelihara kesehatan saluran pencernaan

Jus lidah buaya mengandung enzim yang berperan dalam pemecahan gula dan lemak, mengurangi iritasi pada lambung dan usus, serta melancarkan proses pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat juga akan mengoptimalkan pencernaan nutrisi makanan. Tak sampai di situ, jus lidah buaya juga berpotensi untuk membantu penderita gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus dan kolitis ulseratif.


6. Mengatasi sembelit

Manfaat jus lidah buaya yang masih berkaitan dengan kesehatan pencernaan adalah mengatasi sembelit atau konstipasi. Disebutkan bahwa meminum jus lidah buaya meningkatkan kandungan air di usus – yang kemudian juga merangsang gerakan peristaltik untuk “menurunkan” feses.Dengan manfaatnya tersebut, Anda bisa mencoba menikmati jus lidah buaya jika bergumul dengan sembelit atau memiliki sembelit yang sering kambuh.


7. Mengurangi peradangan pada gusi

Jus lidah buaya sebagai obat kumur dilaporkan dapat mengurangi peradangan pada gusi – terutama pada pasien yang baru saja menjalani perawatan gigi untuk menyingkirkan plak. Manfaat jus lidah buaya ini diyakini bersumber dari sifatnya yang memiliki efek antimikroba dan antibakteri.


8. Memberikan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh

Jus lidah buaya mengandung beragam vitamin dan mineral. Beberapa vitamin dalam jus tanaman ini termasuk vitamin C, vitamin E, serta berbagai vitamin termasuk folat (vitamin B9).Jus lidah buaya juga mengantongi beberapa jenis mineral walau dalam jumlah kecil, termasuk:


Kalsium
Tembaga
Kromium
Natrium
Selenium
Magnesium
Kalium
Mangan
Zinc


Menariknya, lidah buaya menjadi sedikit dari makanan nabati yang mengandung vitamin B12. Fakta ini tentu bermanfaat untuk Anda yang menjalani prinsip vegan dan vegetarian. Lidah buaya juga tidak mengandung gula serta rendah kalori.


Memilih jus lidah buaya yang dimurnikan


Jus lidah buaya

Saat membeli produk jus lidah buaya, Anda disarankan untuk memilih jenis yang dimurnikan (purified) dan sudah melewati proses dekolorisasi. Jenis jus lidah buaya yang dimurnikan dianggap lebih aman karena rendah dengan kandungan yang disebut anthraquinone.

Sebaliknya, jus lidah buaya yang tidak dimurnikan mengandung tinggi anthraquinone – yang membuat rasa jus lidah buaya menjadi tidak enak dan cenderung memicu diare dan kram. Anthraquinone sendiri merupakan senyawa organik yang ditemukan dalam daun lidah buaya. Senyawa ini dianggap beracun dan harus dihindari. Agar aman, Anda bisa membeli produk jus lidah buaya yang memiliki label berikut ini:


Murni atau dimurnikan (purified)
Sudah didekolorisasi (decolorized)
Organik
Keamanan yang sudah teruji

Jus lidah buaya memberikan beragam manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Bahkan, manfaat jus lidah buaya tersebut juga berefek positif pada penurunan risiko jerawat. Jus lidah buaya bisa dibeli dalam bentuk yang sudah dimurnikan dan sudah melewati tahap dekolorisasi. 

You Might Also Like

0 Comments

Flickr Images

Like us on Facebook